Angkasa Pura Revitalisasi Bandara Soetta, Terminal 2 Diperluas

Tia Dwitiani Komalasari
22 Juli 2023, 16:15
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau proyek revitalisasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Sabtu (22/7).
Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau proyek revitalisasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Sabtu (22/7).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau proyek revitalisasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Sabtu (22/7). Revitalisasi Bandara Soetta dilakukan untuk meningkatkan kapasitas serta produktivitas pergerakan penumpang dan pesawat.

Budi mengatakan, sejumlah proyek yang dilakukan di Bandara Soetta meliputi sisi darat (land side) dan sisi udara (air side).

“Revitalisasi terminal dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas penumpang dari 65 juta per tahun menjadi 110 juta per tahun. Terminal 2F yang untuk internasional akan diperbesar menjadi 70 ribu meter persegi,” ujar Budi.

Adapun revitalisasi yang dilakukan meliputi:

1. Terminal 1B dan 1C

Revitalisasi dilakukan  oleh AP II bersama kontraktor PT. PP pada Terminal 1B dan 1C untuk penerbangan domestik. Revitalisasi terminal 1C dilakukan pada lantai dasar seluas 46.100 m2 dan lantai 1 seluas 38.200 m2.

Adapun revitalisasi Terminal 1 C meliputi rea pelayanan penumpang keberangkatan dan kedatangan, area komersial, area perkantoran, connecting boarding lounge, area bagasi penumpang, maupun pekerjaan MEP.

2. Terminal 2F

Revitalisasi dikerjakan AP II dan Adhi Karya untuk penerbangan internasional. Adapun revitalisasi meliputi desain interior terminal, penggantian peralatan dan jaringan MEP (mechanical, electrical, plumbing), pembuatan connecting antar boarding lounge dan lounge umroh, penerapan IBMS.

Total luas Terminal 2F setelah revitalisasi menjadi 74.964 m2 yang semula hanya seluas 36.402m2. Terminal 2F yang melayani penerbangan internasional diharapkan dapat melayani hingga 7 juta penumpang yang semula hanya dapat menampung 3 juta penumpang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...