Mendag Resmikan Bursa Kripto Indonesia, Ini Sederet Keuntungannya

Nadya Zahira
28 Juli 2023, 13:09
mata uang kripto
Bloomberg

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) meresmikan PT Bursa Komoditi Nusantara atau Commodity Future Exchange, sebagai bursa aset kripto Indonesia pada Jumat (28/7).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan, tujuan hadirnya bursa kripto di Indonesia agar terdapat ekosistem yang lengkap dalam industri kripto. Dengan demikian, masyarakat mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi kripto.

“Investasi kripto mengandung risiko tinggi karena sifatnya high risk high return. Pada intinya kita ingin melindungi masyarakat. Diharapkan masyarakat lebih memilih investasi kripto di Indonesia dibading dengan negara lain,” ujar Zulhas dalam acara peluncuran Commodity Future Exchange atau CFX, di Jakarta, Jumat (28/7). 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko mengatakan pihaknya sudah menandatangai persetujuan untuk pembentukan Bursa Berjangka Aset Kripto sejak 17 Juli 2023. Menurut dia, dalam ekosistem kelembagaan aset kripto yang terpenting adalah terkait perlindungan masyarakat.

“Bursa Kripto menjamin kepastian hukum dan perlindungan bagi masyarakat, sebagai pelanggan sehingga dapat bertransaksi dengan aman dan memberikan nilai dalam ekonomi dan perdagangan," kata dia. 

Didid mengatakan, Bappebti akan berkomitmen untuk memperkuat ekosistem kripto dan terus bersinergi dengan berbagai pihak, salah satunya pelaku industri. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...