Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi II, Jakarta-Sukabumi Hanya 2,5 Jam

Andi M. Arief
4 Agustus 2023, 10:08
tol bocimi, jokowi
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II di Cigombong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (11/4/2021). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan konstruksi seksi II Cigombong-Cibadak pada proyek Jalan Tol Bocimi rampung pada pertengahan 2021 dan proyek secara keseluruhan dengan panjang 54 kilometer tersebut telah mencapai 75,50 persen.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 kilometer. Dengan beroperasinya ruas tol tersebut secara penuh, Jakarta-Sukabumi dapat ditempun dalam waktu 2,5 jam 

"Ini kado ulang tahun Kemerdekaan yang ke-78 ke Provinsi Jawa Barat, khususnya ke Sukabumi," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Jumat (4/8).

Jokowi meresmikan Jalan Tol Bocimi Seksi II Cigombong - Cibadak didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan pejabat terkait lainnya.

Ia menjelaskan, pembangunan ruas tol ini menelan anggaran Rp 3,2 triliun. Namun, infrastruktur ini dapat memangkas waktu perjalanan Jakarta-Sukabumi hingga lebih dari separuhnya. Jokowi bercerita,  perjalanan Jakarta-Sukabumi bahkan dapat mencapai sembilan jam jika kondisi jalan macet karena  jalur dari Ibu Kota ke Kota Santri harus menembus keramaian pasar dan pekerja pabrik.

Namun dengan beroperasinya ruas tol bar ini, jalur tersebut  tidak perlu dilalui lagi. Dengan demikian, mobilitas orang dan barang dari Jakarta ke Sukabumi akan lebih cepat.

"Kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam. Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam," kata Jokowi.

Dengan mobilitas orang dan barang yang semakin cepat, Jokowi berharap investasi ke Jawa Barat akan meningkat.  "Karena dari survei, para investor yang ada, Provinsi Jawa Barat menduduki rangking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," kata Jokowi.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...