Proyek MRT Jalur Timur-Barat Tahap 1 Ditargetkan Dimulai Agustus 2024

Nadya Zahira
7 Agustus 2023, 19:20
mrt jalur timur barat, kemenhub,
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Pekerja mengecek rel di tunnel proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A CP201 di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan dokumen Basic Engineering Design atau BED proyek MRT jalur Timur-Barat tahap 1 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, pada Senin (7/8).

MRT jalur Timur-Barat merupakan inisiatif bersama antara Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta. Proyek ini merupakan bagian dari pengembangan jaringan MRT jalur Utara-Selatan yang menjadi tulang punggung jaringan transportasi massal berbasis rel di DKI Jakarta dan kawasan penyangga di sekitarnya.

Pada fase 1 ini, pengembangan MRT koridor Timur-Barat akan meliputi jalur dari Tomang sampai dengan Medan Satria. Jika keseluruhan koridor sudah tersambung, maka koridor ini akan membentang sepanjang 90 km dari Balaraja, Tangerang, hingga Cikarang, melintasi tiga provinsi, dua kabupaten, dan tiga kota.

Adapun dokumen BED diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Menhub berpesan agar setelah dokumen BED diserahkan, Pemprov DKI dapat segera menunjuk pelaksana proyek agar pembangunan dapat segera dimulai.

“Kementerian Perhubungan akan terus mendukung implementasi pengembangan transportasi massal berbasis rel bersama-sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Diharapkan groundbreaking dapat dilakukan pada Agustus 2024,” ujarnya dalam siaran pers.

Penyerahan BED tersebut merupakan salah satu tonggak bagi perkembangan transportasi massal berbasis rel di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Budi mengatakan, proyek MRT jalur Timur-Barat merupakan proyek strategis nasional atau PSN yang harus dikawal bersama.

“Saya titipkan proyek ini kepada Direktorat Jenderal Perkeretaapian selaku pembina sektor perkeretaapian untuk mengkoordinasikan dengan stakeholder terkait, termasuk Pemprov DKI Jakarta," kata Menhub.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...