Uji Coba Bayar Tol Nirsentuh Molor, Dubes Hungaria Mengadu ke Moeldoko

Andi M. Arief
11 Agustus 2023, 13:45
tol, moeldoko, mlff, hungaria
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Pengendara mobil memasuki gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Selasa (27/6/2028).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima kedatangan Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay pada Senin (7/8). Kedatangannya ini membahas gagalnya uji coba proyek sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau MLFF.

Moeldoko menilai ada beberapa kerja sama bisnis yang belum menguntungkan semua pihak dalam pelaksanaan MLFF. Moeldoko menemukan fakta tersebut setelah uji coba di Tol Bali Mandara gagal dilakukan pada Juni 2023.

Oleh sebab itu, mantan Panglima TNI itu akan mencari jalan keluar agar uji coba MLFF di Tol Bali Mandara dapat digelar. Apalagi hal ini telah menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. 

”Perlu ditemukan keseimbangan baru untuk kedua belah pihak dalam penyelesaian proyek ini,” dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (11/8).

Moeldoko berpendapat proyek MLFF seharusnya tidak merugikan negara. Pasalnya, seluruh investasi pengembangan dan implementasi MLFF berasal dari pemenang proyek, dalam hal ini PT Roatex Indonesia Toll System atau RITS.

 Moeldoko mencatat nilai investasi MLFF mencapai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun. Dalam pertemuan dengan Karsay, Moeldoko mengatakan batalnya uji coba MLFF di Pulau Dewata berakar pada masalah internal.

Ia menyarankan agar sistem yang berhasil diterapkan di Hungaria disesuaikan dulu dengan kondisi Indonesia. Pasalnya, sistem tersebut belum tentu dapat diadaptasi penuh di dalam negeri.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...