10 Moda Transportasi Umum ke Bandara Kertajati, Ada Diskon Tarif 20%

Andi M. Arief
15 September 2023, 18:19
Pekerja membersihkan armada bus DAMRI di pool bus damri Kebon Kawung, Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/8/2023). Perum DAMRI menyediakan layanan transportasi menuju Bandara Kertajati dari sejumlah kota termasuk Kota Bandung guna memudahkan masyarakat yang i
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Pekerja membersihkan armada bus DAMRI di pool bus damri Kebon Kawung, Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/8/2023). Perum DAMRI menyediakan layanan transportasi menuju Bandara Kertajati dari sejumlah kota termasuk Kota Bandung guna memudahkan masyarakat yang ingin bepergian menggunakan pesawat seiring dengan pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegaran ke Bandara Kertajati pada Oktober 2023 mendatang.

Sepuluh transportasi umum yang menuju Bandaran Kertajati akan memberikan diskon hingga 20%. Promo diskon tarif tersebut berlaku hingga akhir tahun 2023. 

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Putu Eka Cahyadhi, mengatakan diskon tarif tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas ke bandara yang akan beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 itu. Diskon tarif tersebut akan berlaku untuk moda bus maupun shuttle.

"Tentu ini akan menjadi insentif ke masyarakat, tapi polanya tidak sama. Kalau insentif sebelumnya ada komitmen subsidi, kalau ini hanya diberikan diskon tarif," kata Putu di kantornya, Jumat (15/9).

10 Transportasi Umum ke Kertajati

Sementara itu, Kasubdit Angkutan Multimoda dan Antarmoda Kemenhub Iman Sukandar menjelaskan diskon tarif tersebut tidak menggunakan anggaran negara. Sebab, program tersebut merupakan kesepakatan antar perusahaan transportasi dalam rangka mendukung pengoperasian Bandara Kertajati.

Iman mencatat kebanyakan perusahaan transportasi yang memberikan diskon tarif tersebut berasal dari Bandung. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan proyeksi pergerakan terbesar ke Bandara Kertajati, yakni dari Kota Kembang.

Setelah Bandung, Iman menyampaikan kota selanjutnya dengan proyeksi pergerakan besar ke Bandara Kertajati adalah Cirebon. Oleh karena itu, ada tiga perusahaan transportasi yang melayani trayek Cirebon-Kertajati.

Selain kedua kota tersebut, Iman menilai pergerakan dari daerah lain yang memberikan diskon tarif tidak begitu besar. "Namun tetap kami siapkan di kota-kota lain, bahkan sampai ke Banjar dan Pangandaran," ujarnya.

Iman memaparkan ada 10 perusahaan transportasi yang akan memberikan tarif diskon tersebut. Berikut tarif yang akan dikenakan perusahaan transportasi tersebut setelah mengenakan diskon:

Perum Damri

Bandung-Kertajati: Rp 80.000
Cirebon-Kertajati: Rp 50.000
Kuningan-Kertajati: Rp 60.000

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...