Ini Nasib Bandara Husein Setelah Penerbangannya Dialihkan ke Kertajati

Andi M. Arief
15 September 2023, 19:21
Calon penumpang berjalan menuju pesawat di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/7/2023). Presiden Joko Widodo menyatakan, penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Bandara Internasional Kertajati mulai Oktober 202
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Calon penumpang berjalan menuju pesawat di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/7/2023). Presiden Joko Widodo menyatakan, penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Bandara Internasional Kertajati mulai Oktober 2023 seiring dengan rampungnya infrastruktur penunjang yaitu Jalan Tol Cisumdawu.

Kementerian Perhubungan akan menghentikan semua penerbangan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara pada 28 Oktober 2023. Semua penerbangan pesawat jet akan dipindahkan ke Bandara Kertajati mulai 29 Oktober 2023.

Direktur Angkutan Udara Kemenhub Putu Eka Cahyadi mengatakan Bandara Husein selanjutnya hanya akan melayani penerbangan tertentu.

Eka mengatakan, Bandara Husein masih melayani penerbangan komersial berjadwal, namun yang menggunakan pesawat baling-baling yaitu rute Bandung-Yogyakarta. Namun, penerbangan tersebut juga akan berakhir hingga Oktober 2024. Selain itu, Bandara Husein akan tetap melayani pesawat jet pribadi.

"Selain untuk penerbangan propeller, untuk penerbangan-penerbangan bukan niaga, katakan pesawat jet pribadi, masih dilayani dari Bandara Husein," kata Putu di Kantor Kemenhub, Jumat (15/9).

Putu mengatakan Bandara Husein akan melayani penerbangan charter. Penerbangan charter adalah penerbangan di luar rute umum dan disewa secara khusus.

Salah satu penerbangan charter yang akan dilayani oleh Bandara Husein adalah untuk mendukung Piala Dunia U17 pada 10 November - 2 Desember 2023. Putu mencatat Bandara Husein akan melayani penerbangan charter menuju Surabaya dan Solo.

Untuk diketahui, ada empat stadion yang akan menjadi tempat berlaga Piala Dunia U17 2023, yakni Jakarta International Stadium di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stasiun Manahan di Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...