Jokowi Minta Pengusaha Mebel Gandeng Mitra Asing Demi Perluas Pasar

Muhamad Fajar Riyandanu
16 September 2023, 09:31
jokowi, mebel, furniture
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo di pembukaan Indonesian Furniture Industry And Handicraft Association 2023 di ICE BSD, Banten, Kamis (14/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pelaku usaha mabel domestik untuk menjalin model usaha kemitraan dengan perusahaan furnitur luar negeri. Hal ini karena potensi mebel Indonesia masih belum tergarap sepenuhnya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan pembukaan Indonesian Furniture Industry And Handicraft Association (IFFINA) Tahun 2023 di ICE BSD Tangerang, Banten.

Jokowi juga mengajak pelaku usaha mebel domestik harus mulai aktif untuk menjajaki usaha kolaborasi dengan pengusahaan luar negeri. Hal tersebut ditujukan untuk kembali meraih kejayaan bisnis mabel Indonesia yang sempat merajai dunia pada tahun 90-an.

Dia mendorong pengusaha mebel domestik untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan mabel dari seluruh kawasan seperti Eropa, Amerika Serikat, hingga Cina.  

"Kita harus terbuka. Jangan dimiliki sendiri lah perusahan itu, terbuka dan mau ber-partner,"  kata Jokowi dalam sambutannya seperti dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jumat (15/9).

Menurut Jokowi, Indonesia punya sejumlah modal untuk merealisasikan potensi usaha mabel nasional. Indonesia memiliki keunggulan dalam sisi bahan baku, keahlian sumber daya manusia dan kekayaan seni budaya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...