Pasar Kosmetik Lokal Anjlok 50%, Barang Impor di E-Commerce Disorot
Pasar kosmetik lokal anjlok dari 80% menjadi 40% dalam dua tahun terakhir, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM. Pemerintah pun menyoroti kehadiran barang impor di platform e-commerce dan social commerce.
Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman mengungkapkan beberapa laporan UKM terkini, di antaranya:
- Pasar kosmetik lokal turun dari dua tahun lalu 80% menjadi 40%
- Beberapa pelaku usaha fashion tutup
- Perusahaan sepatu terkena dampak maraknya perdagangan online
Permintaan masyarakat terhadap kosmetik lokal tahun lalu dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:
Sementara data Shopee menunjukkan, kategori kecantikan mencatatkan penjualan tertinggi selama periode kampanye diskon 7.7 dan 9.9. Produk yang dimaksud seperti moisturizer, face mask, lipstik, foundation, dan body wash.
Beberapa brand yang mencatatkan penjualan tertinggi di Shopee di antaranya yakni Skintific dan The Originote. Hal serupa terjadi di TikTok.
Skintific merupakan brand kecantikan asal Kanada. Perusahaan ini dibangun oleh Kristen Tveit dan Ann-Kristin Stokke pada 1957.