Usai Larang TikTok Shop Jualan, Zulhas Cek Pedagang Pasar Tanah Abang

Ameidyo Daud Nasution
28 September 2023, 17:12
tiktok shop, zulhas, mendag
Antara
Mendag Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (28/9). Foto: Antara.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat pada Kamis (28/9). Kunjungan dilakukan usai ia memberlakukan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023.

Aturan tersebut mengatur penjualan di media sosial. Salah satu dampak regulasi tersebut adalah larangan TikTok Shop berjualan karena dianggap sebagai media sosial.

Zulhas tiba di Blok A Tanah Abang pada pukul 11.30 WIB dan mendatangi sejumlah toko. Ia mengatakan, aturan yang baru diterbitkan menandakan pemerintah hadir.

"Kami tata, media sosial kalau mau menjadi social commerce harus ada izin," kata Zulhas di Pasar Tanah Abang, Kamis (28/9) dikutip dari Antara.

Dalam kunjungan tersebut, ia menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang. Mereka mengaku omzetnya menurun dan dagangannya sepi dampak keberadaan TikTok Shop.

Zulkifli mengatakan penyebab turunnya omzet pedagang adalah adanya jual rugi dari barang impor yang dijual di media sosial. Menurutnya, model predatory pricing ini mengakibatkan pedagang tak bisa bersaing dengan harga yang lebih murah.

"(Dagangan) orang mati, baru dia naikkan harganya," kata Zulkifli.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...