Penumpang Transportasi Umum Susut, Sandiaga Mau Turunkan Harga Tiket

Andi M. Arief
2 Oktober 2023, 21:02
Penumpang Susut, Sandiaga Mau Turunkan Harga Tiket Transportasi Umum
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno berencana untuk menurunkan harga tiket transportasi umum laut, udara, dan kereta api. Hal tersebut imbas penurunan jumlah penumpang di hampir seluruh moda angkutan umum secara bulanan menurut Badan Pusat Statistik.

BPS mendata, jumlah penumpang angkutan domestik kereta api susut 4,93% secara bulanan menjadi 5,21 juta orang. Penyusutan tersebut diikuti angkutan laut domestik sebesar 6,8% menjadi 1,71 juta orang dan angkutan udara domestik hingga 12,58% menjadi 31,32 juta orang.

"Mungkin berkaitan dengan harga tiket yang akan kami bahas besok. Bagaimana tiket-tiket ini bisa kami lebih buat lebih terjangkau bagi masyarakat," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Senin (2/10).

Sandiaga menemukan permintaan transportasi umum selalu meningkat saat ada promo. Untuk diketahui, beberapa bank, maskapai, dan agen perjalanan menyelenggarakan Travel Fair dan menerbitkan promo per Agustus 2023.

Beberapa pihak yang menerbitkan promo pada Agustus 2023 adalah Air Asia dan Bank Mega. Pada bulan yang sama, BPS mendata peningkatan angkutan udara internasional secara bulanan mencapai 13,4% menjadi 1,5 juta orang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...