Harga Tiket Pesawat Domestik Meroket, Ini Rute yang Naik Tertinggi

Tia Dwitiani Komalasari
2 Juni 2022, 10:03
Sejumlah penumpang pesawat keluar dari pintu terminal kedatangan di Bandara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (14/5/2022). Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Supadio Akbar Putra Mardhika mengatakan piha
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/rwa.
Sejumlah penumpang pesawat keluar dari pintu terminal kedatangan di Bandara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (14/5/2022).

Harga tiket pesawat meroket akibat kenaikan tarif avtur dan melambungnya harga minyak dunia. Selain tujuan luar negeri, harga tiket pesawat domestik juga rata-rata lebih tinggi dari tahun lalu.

Ketua Umum Asosiasi Travel Indonesia (Asita), Nunung Rusmiati, mengatakan bahwa harga tiket pesawat domestik sebenarnya tidak naik karena mengikuti aturan Kementerian Perhubungan yang telah menetapkan batas tarif  bawah dan atas. Namun demikian, saat ini tiket pesawat domestik sedang berada di batas harga tertinggi.

“Harga tiket ada terendah dan tertinggi. Saat ini yang dipakai adalah harga tertinggi,” ujarnya pada Katadata.co.id, Kamis (2/6).

Hal itu berbeda dengan sebelumnya dimana maskapai penerbangan banyak menerapkan harga promo. Dengan demikian, harga tiket pesawat menjadi lebih murah.

Nunung mengatakan, rute dengan kenaikan tertinggi biasanya merupakan destinasi utama. Rute tersebut diantaranya Jakarta-Bali, Manado-Makasar, dan Balikpapan-Surabaya.

Hal senada juga dikatakan Sekjen Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno. Dia mengatakan, maskapai penerbangan saat ini sudah lama tidak menerapkan promo harga tiket pesawat. Dengan demikian, harga tiket pesawat menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Meskipun demikian, kenaikan harga tiket domestik tidak separah perjalanan ke luar negeri karena ada ketentuan batas tarif atas dari Kementerian Perhubungan. Namun, di sisi lain, Kementerian Perhubungan telah mengizinkan maskapai penerbangan untuk mengenakan fuel surcharge.

Fuel surcharge adalah biaya yang digunakan untuk menutupi selisih harga avtur karena adanya kebijakan tarif batas atas oleh pemerintah. Biaya fuel surcharge inilah yang dibebankan pada konsumen sehingga harga tiket bisa lebih mahal.

Salah seorang traveler Galih Gumelar mengatakan bahwa harga tiket pesawat Jakarta-Bali tahun ini jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Saat menggunakan pesawat tujuan Bali-Jakarta pada Maret 2022, dia membayar tiket Citilink senilai Rp1,1 juta.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...