Kemendag: Indonesia akan jadi Penentu Tren Modest Fashion

Andi M. Arief
5 Oktober 2023, 22:12
Jakarta Muslim Fashion Week, muslim, fashion, kemendag
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Model memperagakan busana muslim pada acara peluncuran Jakarta Muslim Fashion Week 2024 di Jakarta, Jumat (23/6/2023). Acara fesyen muslim tersebut digelar untuk terus memperkuat konektivitas antara subekosistem pengembangan fesyen muslim di dalam negeri maupun di luar negeri, dan akan diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten pada 19-21 Oktober 2023.

Kementerian Perdagangan menyebut, Jakarta Muslim Fashion Week atau JMFW 2023 akan menjadi bagian dalam rangkaian acara Trade Expo Indonesia 2023. Sebanyak 200 brand lokal akan memamerkan produknya dalam acara tersebut.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mencatat, total produk yang akan dipamerkan dalam JMFW mencapai 1.000 koleksi busana. Didi menilai, acara tersebut merupakan bagian dari usaha pemerintah menjadikan Indonesia pusat busana sopan atau modest fashion di dunia.

"Ini sebuah gerakan penting nasional. Kami akan deklarasikan bahwa Indonesia menjadi negara trendsetter bagi modest fashion dunia," kata Didi dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (5/10).

Didi mengatakan, perbedaan antara muslim fashion dan modest fashion hanya sebatas nomenklaturnya. Menurut dia, muslim fashion hanya digunakan di dalam negeri, sedangkan produk yang sama disebut sebagai modest fashion di pasar internasional.

Ia mencatat JMFW 2023 akan digelar selama tiga hari pada 19-21 Oktober 2023. Sementara itu, TEI 2023 secara luring akan berlangsung selama 18-22 Oktober 2023 dan diperpanjang hingga 18 Desember 2023 secara daring.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...