Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Turun 50% jadi Rp 150 Ribu

Andi M. Arief
17 Oktober 2023, 17:36
kereta cepat, kereta cepat jakarta-bandung
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Ilustrasi. Kereta cepat Jakarta Bandung akan beroperasi secara komersial mulai besok (18/10).

Harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung turun dari Rp 300 ribu menjadi Rp 150 ribu untuk rute terjauh Halim-Tegalluar maupun sebaliknya. Harga tiket tersebut berlaku untuk kelas ekonomi premium mulai besok (18/10) hingga 30 November. 

Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, harga tiket promo Rp 150 ribu diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta cepat. Pihaknya menyasar terjadi perpindahan pengguna moda transportasi jalan ke kereta cepat hingga 11% dari pergerakan harian mencapai 265 ribu per hari. 

"Dengan harga tiket Rp 150 ribu ini, kami harapkan ada pemindahan itu. Ini sekaligus kami mendukung pemerintah untuk mengurangi macet dan polusi," ujar Dwiyana ditemui di Stasiun Whoosh Halim, Selasa (17/10). 

Berdasarkan informasi pada akun Instgram kereta cepat, diskon harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi Rp 150 ribu diberikan dalam rangka ulang tahun ke-8 KCIC. Tiket ini berlaku untuk satu kali perjalanan, termasuk perjalanan kereta feeder dari dan menuju Stasiun Bandung. 

Adapun penumpang yang sudah memesan tiket sejak 15 Oktober 2023 yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 300 ribu akan mendapatkan reward tiket sejumlah yang dibeli sebelumnya.

Tiket kereta cepat dengan merek Whoosh ini sempat digratiskan pada 3-16 Oktober 2023 guna memberikan kesempatan kepada masyarakat guna mencoba moda transportasi baru ini. 

Adapun Layanan kereta cepat Jakarta Bandung akan terbagi menjadi tiga kelas berdasarkan harganya, yakni kelas VIP atau first class, bisnis, dan ekonomi premium. 

Layanan VIP atau first class hanya terdiri dari 18 kursi dalam satu gerbong. Gerbong ini memiliki pengaturan tempat duduk 1-2. Selain itu, terdapat fasilitas wifi, pengisian daya listrik, bagasi penyimpanan barang, dan tambahan fasilitas untuk mengistirahatkan kaki atau footrest.

Kelas layanan bisnis juga hanya tersedia satu gerbong dalam satu rangkaian kereta. Layanan kelas bisnis terdiri dari 28 kursi dan memiliki pengaturan tempat duduk 2-2. Sementara kelas layanan ekonomi premium adalah yang paling banyak tersedia, mencapai 555 kursi dalam satu rangkaian gerbong. Gerbong kereta ini memiliki pengaturan tempat duduk 3-2.

Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...