KCIC: Kereta Cepat Balik Modal 40 Tahun, Tak Cuma Bergantung Tiket

Andi M. Arief
17 Oktober 2023, 19:01
Kereta Cepat Jakarta-Bandung, kereta cepat
KCIC
Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai beroperasi secara komersial pada besok, Rabu (18/10).

PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC menepis ramalan Institute For Development of Economics and Finance terkait waktu yang dibutuhkan kereta cepat Jakarta-Bandung untuk balik modal hingga satu abad. Direktur KCIC menegaskan, proyek ini ditargetkan akan balik modal atau mencapai break event point (BEP) dalam waktu 40 tahun. 

Dwiyana menjelaskan, proyeksi Indef hanya memperhitungkan pendapatan dari penjualan tiket. Padahal, menurut dia, pendapatan Whoosh juga akan berasal dari pendapatan sewa lokasi  dan pengembangan properti di sekitar stasiun.

Salah satu strategi pengembangan properti yang dimaksud adalah rumah susun berbasis transportasi atau TOD. Dwiyana menyatakan, sudah banyak pihak yang menyatakan ketertarikan dalam pengembangan lahan seluas 2,6 hektare di sekitar Stasiun Whoosh Halim.

"Jadi, waktu balik modal sekitar 40 tahun. Memang infrastruktur perkeretaapian seperti itu masa pengembalian modalnya. Apalagi KCIC beli lahan sendiri," kata Dwiyana di Stasiun Whoosh Halim, Selasa (17/10).

Dwiyana mengatakan,  pengebangan TOD pertama akan dilaksanakan di Stasiun Whoosh Halim lantaran lahan tersebut sudah selesai diakuisisi. Ia mengaku sedang mencari investor dengan nilai tambah terbaik.

Dwiyana menekankan konsep kerja sama TOD tersebut akan mengusung konsep saling menguntungkan. Oleh karena itu, ia memperkirakan, pengembangan TOD tersebut baru dapat dilakukan paling cepat pada 2028.

Menurut Dwiyana,  pendapatan awal Whoosh memang akan bergantung pada penjualan tiket.N Namun, sumber pendapatan Whoosh pada jangka panjang bukan berasal dari penjualan tiket.

"Kami melihat secara pengalaman dan sejarah di beberapa perusahaan kereta api di Eropa atau Jepang pasti begitu. Trennya itu pendapatan tiket dulu, baru dari pendapatan nontiket," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...