Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dinamis, Bisa Tembus Rp 600 Ribu

Andi M. Arief
17 Oktober 2023, 20:50
kereta cepat, kereta cepat jakarta-bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.
Ilustrasi. Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi secara komersial mulai Rabu (18/10).

Harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan skema harga dinamis atau dynamic pricing. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, harga tiket akan tergantung dengan kondisi pasar dengan tarif tertinggi untuk layanan first class kemungkinan mencapai Rp 600 ribu. 

Dynamic pricing adalah penyesuaian harga yang dilakukan tergantung kondisi pasar. Dwiyana mencontohkan skema tersebut dengan harga tiket Kereta Argo Lawu yang melayani rute Solo Balapan-Gambir.

"Whoosh ini layanan komersial, maka harga tiketnya bisa hanya Rp 200.000, tergantung strategi perusahaan," kata Dwiyana di Stasiun Whoosh Halim, Selasa (17/10).

Dwiyana mengatakan, harga tiket Whoosh dapat mencapai Rp 600.000 untuk kelas first class. Ia menyampaikan Whoosh akan mengincar target pasar kelas atas, seperti pemimpin perusahaan atau manajer.

Ia menceritakan salah satu testimoni penumpang Whoosh yang bekerja sebagai pemimpin perusahaan yang senang  dengan layanan Whoosh. Menurutnya, penumpang tersebut sudah tidak nyaman menggunakan kendaraan pribadi saat bertolak ke Bandung dari Jakarta.

Oleh karena itu, Dwiyana menilai harga tiket senilai Rp 600.000 hanya persepsi bagi kalangan atas. "Bos-bos memang memikirkan akses? Mereka memikirkan waktu tempuh," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...