Stasiun Kereta Cepat Karawang Segera Dibuka, dari Halim Hanya 15 menit

Andi M. Arief
18 Oktober 2023, 09:20
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), kereta cepat
Humas Kemenhub
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai beroperasi secara komersial pada Rabu (18/10).

PT Kereta Cepat Indonesia China memastikan Stasiun Whoosh Karawang dapat beroperasi lebih cepat dari target awal pada Feberuari 2024. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan konstruksi aksesibilitas stasiun kereta cepat ini telah rampung, tetapi evaluasi masih dibutuhkan.

"Stasiun Whoosh Karawang sekarang sudah ditempati satu brand outlet, sebentar lagi akan dibuka," katanya di Stasiun Whoosh Halim, Selasa (17/10).

Total terdapat empat stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung. Namun, Dwiyana menjelaskan, Whoosh saat ini baru berhenti di tiga stasiun, yakni Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Halim-Karawang Hanya 15 Menit

Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki kecepatan hingga 350 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, perjalanan ruter terjauh kereta cepat, Halim-Tegalluar hanya membutuhkan waktu 46 menit, sedangkan perjalanan dari Halim ke Karawang hanya 15 menit.

Perjalanan Halim-Karawang sempat diujicoba oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mendampingi Perdana Menteri (PM) Cina Li Qiang meninjau kesiapan operasional kereta api (KA) Cepat Relasi Jakarta-Bandung.

Pada kegiatan yang  dilakukan di sela-sela kunjungan PM Cina ke Indonesia pada Rabu (6/9), Li Qiang menjajal KA Cepat dengan rute Stasiun Whoosh Halim-Stasiun Whoosh Karawang pulang pergi untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Halim ke Karawang hanya 15 menit. 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...