Penumpang Capai 51,8 Juta, Laba Angkasa Pura I Terbang 172%

Lona Olavia
22 Oktober 2023, 14:30
Penumpang Capai 51,8 Juta, Laba Angkasa Pura I Terbang 172%
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom.
Penumpang berjalan setibanya di Terminal Kedatangan Domestik saat arus balik Lebaran di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (26/4/2023).

PT Angkasa Pura I (AP1) membukukan laba bersih sebesar Rp 802 miliar hingga triwulan tiga 2023. Jumlah ini mengalami peningkatan 172% dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Direktur Utama AP1 Faik Fahmi mengatakan, kinerja keuangan dan operasional perusahaan sampai dengan triwulan tiga 2023 cenderung meningkat signifikan karena didorong oleh pemulihan trafik penumpang sepanjang periode tersebut. Kemudian perolehan laba bersih yang melesat hingga September 2023 juga didukung oleh upaya perusahaan dalam mengoptimalkan implementasi transformasi yang berkelanjutan.

Berdasarkan data AP1, kinerja keuangan AP1 yang meroket ditopang oleh peningkatan trafik penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP1 yang mencapai 51,8 juta penumpang hingga September 2023.

Menurut Faik, peningkatan trafik di bandara yang dikelola AP1 tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang mendukung industri aviasi. Seperti pembukaan pembatasan rute internasional, intensitas AP1 dalam bekerja sama dengan stakeholder utama perusahaan yakni maskapai nasional maupun internasional, kebijakan cuti bersama Hari Raya dan libur anak sekolah.

Kemudian penerbangan haji di enam bandara dan pelaksanaan acara internasional seperti Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoGP di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu implementasi empat pilar transformasi yang secara konsisten dilakukan sejak 2022 yakni business turnaround, organization and culture, financial restructuring, dan digitalization, berdampak positif terhadap percepatan pemulihan kinerja AP1.

Hal ini ditunjukkan dengan EBITDA hingga triwulan tiga 2023 mencapai Rp 3,2 triliun yang meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dengan EBITDA margin 47%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...