Kunjungan Turis India akan Melonjak Efek Penerbangan Langsung ke Bali

Andi M. Arief
23 Oktober 2023, 19:15
turis asing, india
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.
Ilusrasi. Pemerintah menargetkan kunjungan turis asing dari India meningkat pada tahun depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno menargetkan peningkatan wisatawan asal India hingga 25% pada tahun depan. Target ini seiring dengan tersedianya penerbangan langsung dari India ke Denpasar, Bali yang disediakan oleh dua maskapai. 

Sandiaga menyebutkan kedua maskapai tersebut adalah Tata SIA Airlines Limited atau Vistara dan InterGlobe Aviation Limited atau IndiGo. Menurutnya, penyediaan penerbangan langsung dari Negeri Bollywood ke Pulau Dewata telah dimulai sejak enam bulan lalu atau sekitar mei 2023.

Kami melihat penerbangan dari India ke Indonesia sebelumnya tidak ada penerbangan langsung. Kami langsung berkoordinasi dengan Vistara dan IndiGo, dan ternyata mendapatkan respon yang baik," kata Sandiaga dalam konferensi pers di kantornya, Senin (23/10).

Sandiaga menyebut, PT Batik Air Indonesia juga telah menyediakan penerbangan langsung dari Medan, Sumatra Utara ke Kota Chennai di bagian selatan India. Namun, ia menilai penerbangan tersebut belum membuka peluang industri pariwisata di dalam negeri

Menurut dia, peluang tersebut akan terbuka jika penerbangan langsung tersebut menghubungkan New Delhi atau Mumbai dengan Jakarta atau Denpasar. Ia mencatat, IndiGo telah melayani penerbangan langsung Mumbai-Jakarta sejak Agustus 2023.

IndiGo tercatat menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 167 kursi untuk melayani rute Mumbai-Jakarta. Sementara itu, laman resmi Vistara mengumumkan akan melayani penerbangan rute New Delhi-Denpasar mulai 1 Desember 2023.  

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...