Basuki Bantah Solo Banjir Proyek Infrastruktur karena Gibran

Agustiyanti
26 Oktober 2023, 13:55
PUPR, basuki hadimuljono, basuki
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan banyak proyek pembangunan infrastruktur yang didanai APBN terealisasi di daerah lain di Tanah Air.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membantah isu yang meyebutkan bahwa pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan infrastruktur di kota Solo selama Gibran Rakabuming Raka memimpin. Ia memastikan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur oleh pemerintah pusat di kota tersebut berbasis padada kebutuhan.

"Kalau ada beberapa program di situ, ya memang pas ada di situ, tapi tidak ada namanya karena prioritas. Ya memang kebutuhan," ujar Menteri Basuki kepada awak media di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (26/10). 

Basuki merespons pertanyatan terkait banyaknya proyek pemerintah pusat di Solo yang dikerjakan selama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menjabat wali kota. Menurut Basuki, proyek pembangunan infrastruktur pemerintah pusat di daerah selama ini selalu didahului kajian serta memiliki landasan kuat sebelum dikerjakan.

"Ada landasan semua. Fly over di Prabumulih yang besok mau diresmikan Pak Presiden, fly over semua ada berapa, jembatan gantung itu 580 kita bikin," kata dia.

Ia menegaskan banyak proyek pembangunan infrastruktur yang didanai APBN terealisasi di daerah lain di Tanah Air. "Di NTT itu tujuh bendungan, ada kawasan kota juga, di Bali juga banyak, ya banyak sekali," ujar Basuki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...