Harga CPO Diramal Naik Tahun Depan, Belum akan Tembus US$ 1.000/Ton

Andi M. Arief
2 November 2023, 14:09
CPO, harga cpo
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/rwa.
Ilustrasi. Harga CPO diperkirakan naik karena stok yang menipis.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS berharap harga minyak sawit mentah atau CPO naik pada 2024. Namun, harga CPO diperkirakan belum akan kembali menembus US$ 1.000 per ton pada tahun depan.

Kepala BPDPKS Eddy Abdurrachman memproyeksikan harga CPO pada tahun depan akan bergerak antara US$ 900 sampai US$ 1.000 per ton. Eddy mencatat harga CPO saat ini bergerak pada rentang US$ 800 sampai US$ 900 per ton.

"Harga CPO ini sudah menuju keseimbangan pasokan dan permintaan secara global," kata Eddy kepada Katadata.co.id, Kamis (2/11).

Eddy mengakui, pasokan CPO di dalam negeri akan menipis seiring dampak El Nino yang terjadi pada tahun ini dan meningkatnya konsumsi CPO di sektor pangan dan energi. Ia menyampaikan, harga CPO belum akan terbang jika mengamati kondisi industri minyak nabati dunia.

Menurutnya, produksi minyak nabati lain akan meningkat pada 2024, khususnya minyak kedelai.  Eddy berpendapat harga CPO pada tahun depan akan terpengaruh oleh minyak bumi.

Ketua Umum Gapki Edi Martono memproyeksikan harga CPO akan naik pada 2024. Edi menilai hal tersebut disebabkan oleh menipisnya stok CPO lokal akibat peningkatan konsumsi nasional.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...