Bandara Bali akan Terapkan Transaksi Pembayaran Parkir Tanpa Awak

Agustiyanti
9 November 2023, 13:30
bandara, bali, bandara bali, bandara ngurah rai
ANTARA/Ho-Bandara Ngurah Rai
Pengguna Bandara I Gusti Ngurah Rai saat mencoba sistem pembayaran parkir tanpa awak, Denpasar, Kamis (9/11/2023).

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan beralih dari sistem pembayaran parkir secara tunai dan nontunai (cashless) ke sistem pembayaran tanpa awak atau manless bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan di Denpasar, Kamis, mengatakan metode ini mulai berlaku penuh pada 1 Desember 2023, sementara mulai hari ini sudah dilakukan proses sosialisasi dengan metode campuran.

“Terhitung mulai Jumat, 1 Desember 2023,  Angkasa Pura I akan mulai memberlakukan pembayaran parkir secara nontunai menggunakan kartu uang elektronik dengan basis manless atau tanpa awak, yang memungkinkan pengguna jasa bertransaksi secara mandiri,” kata Handy, seperti dikutip dari Antara. 

Langkah ini diambil pihak bandara untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan transaksi nontunai serta untuk mempercepat perkembangan digitalisasi di bandara. Bandara Ngurah Rai selama ini menerapkan sistem pembayaran parkir manual, di mana ketika kendaraan masuk mereka mengambil karcis dan saat keluar menunjukkan karcis lalu membayar ke petugas di loket.

Saat sistem pembayaran parkir tanpa awak diberlakukan, pengunjung hanya perlu menempelkan kartu elektronik dan tidak lagi menerima karcis, Selain sebagai upaya digitalisasi, sistem pembayran baru ini juga mendorong pengurangan penggunaan kertas agar ramah lingkungan.

Handy melihat, sistem pembayaran manual selama ini memerlukan waktu transaksi lebih lama. Hal ini kerap terjadi antrean pada pintu keluar.  Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam sehari dapat melayani puluhan ribu penumpang.

“Penerapan pembayaran secara manless atau tanpa awak ini diharapkan mampu menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Untuk mendukung hal tersebut, kami mengimbau pengguna jasa dapat memastikan saldo pada kartu elektroniknya cukup untuk melakukan transaksi,” ujarnya.

Kartu uang elektronik yang berlaku di bandara adalah e-Money Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Tap Cash dari BNI, dan Flazz dari BCA, di mana kartu tersebut dapat dibeli dan diisi ulang saldonya di minimarket, kantor bank terkait, dan di petugas bandara langsung saat tiba.

Handy menyebut sistem ini pada tahap awal hanya berlaku bagi kendaraan dengan roda lebih dari empat, sedangkan kendaaan roda dua masih menggunakan sistem tunai dan cashless yang dibantu karcis dan petugas di loket parkir.

“Kami berharap dengan waktu sosialisasi yang cukup, saat beroperasi penuh manless nanti seluruh pengguna jasa sudah dapat melaksanakan proses masuk dan keluar kendaraan dengan kartu uang elektronik dan tidak mengalami kendala saat melakukan transaksi parkir,” kata Handy.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...