Menaker soal Aksi Boikot Produk Israel: Perlu Diantisipasi Dampaknya

Andi M. Arief
14 November 2023, 15:13
israel, boikot produk
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU
Ilustrasi. Masyarakat ramai memboikot produk-produk yang dianggap terafiliasi dengan Israel.

Aksi boikot terhadap produk-produk Israel ramai diserukan di tengah perang yang sedang terjadi di Gaza dan telah membunuh ribuan warga Palestina.  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menghargai aksi boikot tersebut sebagai bentuk kepedulian masyaraka. Di sisi lain, ia menilai perlu pemangku kepentingan perlu menjaga keseimbangan dari aksi boikot tersebut.

Ida mengatakan, keseimbangna dalam program boikot produk Israel tersebut perlu dijaga agar tidak menimbulkan kekhawatiran. Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kemenaker perlu melakukan komunikasi intens dengan pemangku kepentingan.

"Perlu komunikasi intens dengan teman-teman yang ada di perusahaan-perusahaan yang berafiliasi dengan Israel dan negara-negara sekutunya," kata Ida dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (14/11).

Ida mengatakan, komunikasi intens tersebut bertujuan agar aksi boikot tidak mengganggu kesempatan masyarakat yang bekerja pada perusahaan-perusahaan tersebut.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga tidak melarang gerakan sebagian masyarkat yang memboikot produk-produk yang mendukung Israel. Ketua Umum PAN yang akrab disapa Zulhas ini menyampaikan pemerintah mengutuk perbuatan Israel terhadap Palestina.

Aksi boikot terhadap produk Israel dipopulerkan melalui gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) yang sudah dimulai sejak 2005. Langkah untuk ramai-ramai memboikot kembali diserukan di tengah perang yang kembali pecah di Timur Tengah.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...