Apindo akan Terbitkan Daftar Produk Terafiliasi Israel

Andi M. Arief
28 November 2023, 14:11
Apindo, Israel, shinta kamdani
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Shinta Kamdani menyebut, belum ada daftar resmi yang dikeluarkan oleh pemangku kepentingan.

Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo akan mengeluarkan daftar produk dari perusahaan yang terafiliasi atau mendukung Israel. Daftar tersebut ditargetkan akan diterbitkan selambatnya pekan depan.

Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani mengatakan, belum ada daftar resmi yang dikeluarkan oleh pemangku kepentingan. Shinta menilai, daftar produk yang dinilai terafiliasi atau mendukung Israel saat ini belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Advertisement

"Yang kami lihat, sebagian besar produk dalam daftar yang ramai dibagikan di media sosial adalah produk-produk asli Indonesia," kata Shinta di Hotel Four Season Jakarta, Selasa (28/11).

Shinta mencontohkan, salah satu anggotanya yang dituduh dinilai terafiliasi atau mendukung Israel, yakni PT Unilever Indonesia Tbk. Menurutnya, emiten berkode UNVR tersebut telah lama berbisnis di dalam negeri dan tidak memiliki hubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan Israel.

Shinta mengaku sudah memeriksa keterlibatan UNVR dengan Israel hingga induknya, yakni Unilever. Ia memastikan UNVR tidak berkaitan atau mendukung agresi Israel ke Palestina.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement