Menhub Tawarkan Arab Saudi Investasi di Bandara Haji dan Umroh

Agustiyanti
4 Desember 2023, 11:51
arab saudi, investasi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) membahas potensi kerja sama antara maskapai Arab Saudi dengan maskapai penerbangan Indonesia dalam kunjungannya ke Riyadh, Arab Saudi, Senin (4/12).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menawarkan Arab Saudi untuk berinvestasi sebagai pemegang saham dan operator di bandara-bandara haji dan umroh di Indonesia. Tawaran ini disampaikan Budi Kaya saat bertemu Menteri Transportasi dan Logistik Arab Saudi Saleh Al-Jasser dalam kunjungannya ke Riyadh, Arab sSaudi, Minggu (3/12). 

Budi Karya mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi telah menjalin hubungan bilateral yang baik dan saling menguntungkan di sektor transportasi. Tawaran investasi di bandara-bandara haji dan umroh dinilai dapat meningkatkan trafik dari Jeddah dan Madinah ke Indonesia.

Advertisement

"Banyak peluang kerja sama yang bisa dijalin khususnya untuk penerbangan haji dan pengembangan transportasi perkotaan," ujar Budi dalam keterangan pers, Senin (4/12). 

Budi Karya juga membahas potensi kerja sama antara maskapai Arab Saudi dengan maskapai penerbangan Indonesia, termasuk kajian untuk membentuk joint venture untuk melayani jalur domestik. Hal tersebut diharapkan dapat menambah ketersediaan jumlah pesawat untuk melayani pasar domestik.

Selain itu, ia menyampaikan permohonan dukungan dari Arab Saudi untuk membantu maskapai penerbangan Indonesia mendapatkan slot time tambahan sebesar 20.000 kuota haji pada 2024.

Di sektor laut, Indonesia dan Arab Saudi baru saja menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) on the Recognition of Standard Training Certification and Watchkeeping for Seafarer Certificates. Kerja sama itu bertujuan untuk mewujudkan adanya saling pengakuan antar kedua negara terkait pendidikan dan pelatihan maritim, sertifikat keahlian pelaut, dan sertifikat kesehatan untuk bekerja di atas kapal sesuai dengan standar internasional.

Adapun terkait dengan transportasi perkotaan, Arab Saudi saat ini tengah gencar mengembangkan angkutan umum perkotaan di Riyadh, Jeddah, Mekkah, Madinah, Damman, dan Qatif. Ini serupa dengan Indonesia yang tengah mengembangkan Bus Rapid Transit (BRT), Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Budi Karya pun mengundang Arab Saudi untuk turut dalam pembangunan proyek perkeretaapian Indonesia.

Di sisi lain, Pemerintah Arab Saudi juga mengharapkan Indonesia turut mempromosikan penggunaan kereta cepat Haramain untuk jalur Madinah-Jeddah-Mekkah sebagai bentuk peningkatan pelayanan haji/umrah jamaah Indonesia. Setelah pertemuan dengan Menteri Saleh Al-Jasser, Menhub sempat melakukan peninjauan proyek Riyadh Metro Rapid Transit yang sedang dalam tahap pengujian. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement