Empat Gunung Erupsi, Airnav Sebut Belum Ada Penerbangan Terdampak

Agustiyanti
5 Desember 2023, 10:20
airnav, penerbangan, gunung erupsi
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/YU
Ilustrasi.

Empat gunung di Indonesia erupsi dalam dua hari terakhir atau pada Minggu (3/12) dan Senin (4/11). Meski demikian,  AirNav Indonesia menyatakan, belum ada penerbangan yang terdampak dari keempat aktivitas gunung berapi tersebut. 

"Hingga statement ini dikeluarkan, belum ada penerbangan yang terdampak," ujarSekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro di Jakarta, Selasa (5/12), seperti dikutip dari Antara. 

Ia menjelaskan, AirNav Indonesia saat ini  telah menerbitkan informasi ASHTAM dengan nomor: ASHTAM Krakatau: VAWR2772,ASHTAM Marapi: VAWR2769, dan ASHTAM Lewotowo: VAWR5853.

Letusan Gunung Marapi, Sumatera Barat terjadi pada Minggu (3/11) pukul 23.40 WIB, selang beberapa jam kemudian yakni pada Senin (4/12) pukul 04.30 WIB terjadi letusan Gunung Semeru, Jawa Timur. Selang 23 menit kemudian atau pada Senin (4/12) pukul 04.53 WIB juga terjadi letusan Gunung Lewotolo, Nusa Tenggara Timur. 

Gunung Marapi pun kembali mengalami letusan pada Senin (4/12) pukul 08.30 WIB. Gunung Anak Krakatsau kemudian juga menyemburkan letusan pada Senin (4/12) pukul 11.10 WIB.

Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mengeluarkan rekomendasi terkait status Waspada (Level II) Gunung Marapi. Rekomendasi itu, di antaranya meminta masyarakat/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari kawah harus dipatuhi untuk keselamatan bersama.

"Gunung Marapi telah mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 800 meter dari puncak pada tanggal 4 Desember 2023 pada pukul 22:00 WIB, Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam intensitas tebal condong ke arah barat daya," kata Plt Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam konferensi pers terkait Perkembangan Aktivitas Gunung Marapi pada Senin (4/11).

Gunung Marapi lanjut Wafid saat ini berada pada level II (Waspada) dan sudah direkomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung ataupun wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...