Pembangunan 40 Proyek Strategis Nasional Dikebut Tahun Depan

Agustiyanti
6 Desember 2023, 08:37
basuki, PSN, proyek strategis nasional
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) menyatakan sebanyak 99 proyek strategis nasional telah rampung hingga 2023.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan telah merampungkan 99 proyek strategis nasional hingga 2023.  Total terdapat 170 proyek yang masuk dalam daftar PSN yang telah dibuat sejak 2016 dan beberapa kali mengalami revisi. 

"Sebanyak 40 PSN lainnya diselesaikan pada tahun 2024 dan sisanya setelah tahun 2024," kata Basuki dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (6/12).

Ia menjelaskan, proyek-proyek PSN yang telah diselesaikan, mencakup 42 proyek bendungan dan 2.143 km tambahan jalan tol.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022, Kementerian PUPR mengemban amanah untuk melaksanakan pembangunan PSN yang tersebar di seluruh Indonesia. PSN dirancang dengan prioritas pada pembangunan infrastruktur yang diharapkan dapat menciptakan dampak positif beruntun (multiplier effect) bagi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Basuki memastikan pihaknya akan terus mempercepat penyelesaian proyek-proyek berkategori PSN agar dapat rampung pada tahun 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kerja keras dan kecepatan Kementerian PUPR atas pembangunan berbagai infrastruktur. Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas utama Presiden Jokowi selama sembilan tahun pemerintahannya hingga saat ini dan menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Pembangunan infrastruktur  secara besar-besaran sejak tahun 2014 turut membuat daya saing Indonesia meningkat. Dalam IMD Global Competitiveness Index bidang infrastruktur, peringkat Indonesia meningkat dari 54 pada tahun 2014 menjadi peringkat 51 pada saat ini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...