Kronologi Pengamanan Pelita Air Buntut Penumpang Bercanda Bawa Bom

Agustiyanti
6 Desember 2023, 17:51
pelita air, penumpang bercanda bawa bom, pesawat
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (28/4/2022).

Penumpang Pelita Air ditangkap petugas bandara setelah bercanda membawa bom dalam penerbangan rute Surabaya Jakarta. Hal ini menyebabkan penerbangan IP 205 mengalami keterelambatan. Bagaimana kronologinya?

Sekretaris Perusahaan Pelita Air Agdya P.P. Yogandari menjelaskan, geger soal ancaman bom bermula dari celetukan seorang penumpang yang berada di dalam pesawat penerbangan IP 205. Penumpang bernama Surya Hadi Wijaya yang duduk di seat number 14A ini melontarkan candaan saat pesawat sedang berjalan menuju landasan pacu pukul 13.20 WIB. 

Petugas pelita Air yang mendengar candaan tersebut kemudian megambil tindakan sesuai dengan protokol keamanan yang telah ditetapkan. "Tim keamanan  bekerja sama dengan aparat bandara melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pesawat, penumpang, bagasi serta barang bawaan dan dinyatakan aman," ujar Agdya dalam siaran pers, Rabu (6/12).

Pengamat penerbangan Gerry Soejatman dalam platform X menceritakan kronologi pengamanan pesawat Pelita Air berdasarkan informasi dari awak pesawat. Pesawat yang semula bersiap untuk take of di landasan pacu dialihkan ke remote area setelah mendengar informasi terkait bom tersebut. Polisi moliter pun sudah bersiap menunggu di area tersebut.

"Setelah tangga menempel, 2-3 polisi masuk ke pesawat. Penumpang yang diduga melakukan guyon tersebut, akhirnya dibawa keluar pesawat oleh polisi militer," kata Gerry dalam platform tersebut. Katadata.co.id telah meminta izin untuk mengutip informasi tersebut. 

Ia menjelaskan, semua penumpang kemudian diturunkan untuk sterilisasi pesawat membawa semua barang-barang bawaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...