Mendag Cek Bahan Pokok Jelang Nataru: Harga Pangan Sudah Mulai Turun

Agustiyanti
19 Desember 2023, 12:09
mendag, harga pangan, harga bahan pokok
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) mengecek kualitas beras yang dijual oleh pedagang sembako saat melakukan kunjungan kerja di Pasar Bulu, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2023). Kunjungan kerja Menteri Perdagangan tersebut untuk memantau secara langsung harga dan ketersediaan berbagai bahan pokok di pasar tradisional menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengecek harga sejumlah bahan pokok di Pasar Bulu, Semarang, Jawa Tengah menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ia menemukan sejumlah harga pangan sudah mulai turun. 

Zulhas mencontohkan harga daging ayam yang sebelumnya mencapai Rp 35 ribu sampai Rp 38 ribu per kg, kini turun menjadi Rp 32 ribu per kg. Harga telur ayam yang sebelumnya mencapai Rp 30 ribu per kg, turun menjadi Rp 26 ribu per kg. Harga cabai, menurut dia, juga sudah turun di bawah Rp 100 ribu per kg. 

"Jadi beras banyak, telur banyak, minyak banyak, cabai sudah murah," ujar Zulhas saat memantau harga di Pasar Bulu, Semarang, seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/12). 

Ia memastikan pasokan bahan kebutuhan pokok aman untuk menghadapi libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Zulhas meminta masyarakat tidak memborong bahan pangan karena khawatir harga naik. 

Di sisi lain, Zulhas mengatakan harga gula masih relatif mahal. Ia mangancam para importir gula yang tak merealisasikan kuota impornya sehingga menyebabkan harga gula sulit turun akan masuk dalam daftar hitam. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...