Kemenhub: 30 PSN Rampung di 2024, Bandara Dhoho Segera Beroperasi

Andi M. Arief
20 Desember 2023, 13:39
psn, proyek strategis nasional
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.
Petugas menyiapkan pesawat jenis Beechcraft Super King Air sebagai proses uji kalibrasi di Bandara Internasional Dhoho di Kediri, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023).

Kementerian Perhubungan berencana menyelesaikan sembilan proyek strategis nasional hingga tahun depan. Secara total, hanya 30 dari 35 PSN sektor perhubungan dapat selesai pada rentang 2020 hingga 2024.  

Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto mengatakan ada  dua proyek baandar udara yang akan rampung dan beroperasi, yakni Bandara Internasional Dhoho di Kediri, Jawa Timur, dan Bandara Raja Haji Abdullah di Medan, Sumatera Utara.

Novie menyampaikan Bandara Dhoho telah selesai dibangun dan segera dioperasikan. "Dapat beroeprasi sesegera mungkin lantaran konstruksi sudah 100% dan kalibrasi sudah dilakukan. Tinggal tunggu koordinasi pihak operator," katanya dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub 2023, Rabu (20/12).

Operator Bandara Dhoho adala PT Angkasa Pura I atau AP I. Maskapai yang akan masuk perdana adalah PT Super Air Jet.

Sejauh ini, AP I sedang berkoordinasi dalam menyediakan penerbangan internasional, khususnya haji dan umrah. Novie mengatakan langkah tersebut penting mengingat Bandara Internasional Juanda di Surabaya tidak melayani pesawat berbadan lebar jarak jauh.

Bandara Dhoho dapat melayani pesawat berbadan lebar jarak jauh seperti Boeing 777. Pembangunannya murni menggunakan dana pihak swasta, yakni PT Gudang Garam Tbk, senilai Rp 13 triliun.

Dhoho memiliki jalur perpindahan pesawat atau taxiway sepanjang 306 meter kali 32 meter dan 438 meter kali 32 meter. Gedung terminalnya memiliki luas 18.224 meter persegi sehingga dapat menampung 1,5 juta orang per tahun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...