Evaluasi Uji Coba MLFF, BPJT: Ada Hal Teknis Perlu Diperbaiki

Andi M. Arief
20 Desember 2023, 16:17
MLFF, BPJT, jalan tol
BPJT.pu.go.id
Ilustrasi penggunaan sistem transaksi non-tunai nirsentuh Multi Lane Free Flow atau MLFF.

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT menjadwalkan transisi penggunaan sistem transaksi non-tunai nirsentuh multi lane free flow atau MLFF tahun depan. Pada masa transisi tersebut, gerbang jalan tol masih akan memakai palang alias belum menerapkan prinsip free flow.

Kepala BPJT Miftachul Munir mengatakan masa transisi sistem MLFF berlangsung selama tiga tahun hingga 2027. Namun, masa transisinya akan diterapkan  jika uji coba MLFF di Jalan Tol Bali Mandara memenuhi kriteria yang disepakati semua pemangku kepentingan.

"Masih terdapat beberapa hal teknis yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk penyempurnaan implementasi selama masa uji coba," kata Miftachul kepada Katadata.co.id, Rabu (20/12).

Saat ini masih ada hal teknis yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk memastikan Badan Usaha Jalan Tol tidak kehilangan pendapatan. "Selain itu, perbaikan tersebut diperlukan agar pengguna jalan tol tidak mendapatkan kesulitan dalam bertransaksi," ujarnya.

Uji coba MLFF di Tol Bali Mandara dimulai pada 12 Desember 2023. Pemerintah sedang menguji semua skenario pada teknologi yang dibuat PT Roatex Indonesia Toll System atau RITS.

Miftachul mengatakan hasil uji coba tersebut akan meningkatkan teknologi MLFF saat masa transisi pada 2024 hingga 2027. Sistem yang ditawarkan RITS menggunakan teknologi sistem navigasi satelit global atau global navigation satellite system (GNSS).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...