Tol Solo-Yogya Beroperasi Fungsional 22 Desember, Ini Pengaturannya

Agustiyanti
22 Desember 2023, 13:50
tol, jalan tol, tol solo-yogya
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom.
Pekerja memasang tolo-tolo (pembatas jalan) di jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Pemasangan rambu pembatas jalan tersebut bertujuan untuki memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengemudi yang melintas di jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta yang akan dibuka pada Jumat (22/12) saat arus mudik liburan Natal 2023.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo beroperasi secara fungsional mulai hari ini, Jumat (22/12) guna mengantisipasi kemacetan arus libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pengguna yang melewati jalan tol ini belum dikenakan tarif alias masih gratis. 

“Kami membuka jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogya (Karanganom-Kartasura) mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB,” ujar Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat seperti dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 nonbus dan nontruk. Jalan tol fungional ini tidak diperuntukkan untuk kendaraan berat. Kecepatan maksimum pengguna jalan juga diatur adalah 40 km/jam

Suchandra menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogya akan dioperasikan dalam dua periode. Kedua periode tersebut, yakni saat arus mudik pada 22-31 Desember 2023 dan arus balik pada 1-3 Januari 2024.

Pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pada pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1444H lalu, jalur yang dibuka hanya dibuka dari Kartasura (Akses Gerbang Tol/GT Colomadu) hingga Jl Sawit sepanjang 6 KM. Sementara pada periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 kali ini, menurut Suchandra, jalur fungsional dibuka lebih panjang dari akses GT Colomadu & on/off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 KM. Perkerasan jalan jalur fungsional kali ini berupa konstruksi rigid pavement.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...