Pewaris L'Oreal jadi Wanita Pertama dengan Kekayaan Tembus Rp 1.500 T

Agustiyanti
29 Desember 2023, 09:50
orang terkaya, orang terkaya di dunia, Loreal
Instagram/Francoise Bettencourt Meyers
Pewaris kerajaan bisnis kecantikan L'Oreal, Francoise Bettencourt Meyers merupakan wanita terkaya di dunia.

Pewaris kerajaan bisnis kecantikan L'Oreal, Francoise Bettencourt Meyers menjadi wanita pertama yang memiliki kekayaan menembus US$100 miliar atau setara Rp 1.543 triliun dengan kurs saat ini Rp 15.432 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, kekayaannya melonjak menjadi US$100,1 miliar pada hari Kamis (28/12) berdasarkan data  Bloomberg Billionaires Index. Pencapaian ini terjadi ketika saham L'Oreal SA, kerajaan produk kecantikan yang didirikan oleh kakeknya, naik ke rekor tertinggi. 

Saham L'oreal mencatatkan tahun terbaiknya sejak tahun 1998. Bettencourt Meyers adalah orang terkaya ke-12 di dunia, tepat setelah konglomerat Meksiko, Carlos Slim.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index pada Jumat (29/12), terdapat 12 orang di dunia yang memiliki kekayaan menembus US$ 100 miliar. Bettencourt Meyers berada di urutan terakhir, sedangkan Elon Musk berada di urutan pertama dengan kekayaan mencapai US$ 232 miliar.

Rekan senegara Bettencourt Meyers, Bernard Arnault yang merupakan pendiri perusahaan penyedia barang mewah LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE menduduki posisi kedua di peringkat globa. Kekayaannya mencapai $179 miliar. 

Mengutip Forbes, Bettencourt Meyers, adalah cucu pendiri L'Oreal. Ia dan keluarganya memiliki sekitar 33% saham di raksasa bisnis kecantikan global tersebut.

Bettencourt Meyers menjabat sebagai dewan direksi L'Oreal sejak 1997 dan merupakan chairman di perusahaan induk.  Dia menjadi pewaris L'Oreal Prancis pada tahun 2017 ketika ibunya Liliane Bettencourt, yang saat itu merupakan wanita terkaya di dunia, meninggal pada usia 94 tahun.

Bettencourt Meyers juga menjabat sebagai presiden yayasan filantropi keluarganya, yang mendorong kemajuan Prancis dalam bidang sains dan seni. Bersama-sama, L'Oreal dan keluarga Bettencourt Meyers setuju untuk menyumbangkan $226 juta untuk memperbaiki Katedral Notre Dame setelah kebakaran pada bulan April 2019. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...