Luhut Ungkap Ada Pelanggaran SOP di Insiden Ledakan Smelter Morowali

Agustiyanti
29 Desember 2023, 16:34
smelter, morowali, ledakan, smelter morowali
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta ada tindakan tegas atas ledakan smelter di Morowali.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi akan mengambil tindakan tegas terhadap insiden ledakan yang terjadi di pabrik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah. Hasil investigasi awal menunjukkan ada indikasi pelanggaran standard operasional prosedur atau SOP yang telah ditetapkan perusahaan. 

“Saya ingin mengingatkan bahwa negara kita memiliki regulasi yang jelas dan tegas. Siapapun yang melanggar akan dihadapkan pada hukum yang berlaku. Ini bukan hanya tanggung jawab Polri, tetapi semua K/L terkait harus bekerja sama dalam upaya penegakan ini,” ujar Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam keterangan resmi, Jumat (29/12). 

Luhut menggelar rapat koordinasi yang dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kepala Staf Umum TNI, Kapolda Sulawesi Tengah, Badan Pemelihara Keamanan Polri, dan pemangku kepentingan daerah. Ia dalam kesempatan tersebut menekankan kepada semua Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk menangani masalah ini dengan serius.

Tim dari Kemenko Marves, Kemenaker, dan Kemenperin, Korem, Polda, Polres, dan Kodim serta pemerintah daerah telah diturunkan ke lokasi untuk melakukan penanganan awal dan penyelidikan mendalam terkait insiden tersebut sejak 25 Desember 2023. Luhut mengatakan, terdapat indikasi tindakan yang melanggar SOP yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, akibatnya terjadi kecelakaan dan korban jiwa.

Meski demikian. Luhut meminta kepada Kapolda Sulawesi Tengah untuk menyelesaikan investigasi tersebut sebelum membuat kesimpulan akhir. Ia memberikan waktu dua minggu untuk menyelesaikan penyelidikan dan meminta tindakan tegas dari Polri terhadap setiap pelanggaran hukum yang teridentifikasi.

“Saya minta Polri bertindak cepat dan tegas apabila ada bukti pelanggaran oleh perusahaan. Kejadian serupa di GNI tahun lalu sudah menjadi pelajaran bahwa kita serius dalam menegakkan hukum demi keselamatan pekerja. Pokoknya kita tidak mau main-main dengan keselamatan manusia,” kata Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...