Kinerja Tekstil Lesu Meski Ada Pemilu: Pesanan Kaos Kampanye Sepi

Andi M. Arief
10 Januari 2024, 16:35
kampanye, kaos, pemilu 2024
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Pekerja memproduksi kaos kampanye partai di salah satu konveksi baju di Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023). Menurut pengusaha konveksi, memasuki masa kampanye permintaan produksi kaos alat peraga kampanye (APK) atau atribut partai meningkat hingga 70 persen dan dalam sehari mereka mampu memproduksi hingga 500 kaos APK.
Button AI Summarize

Ikatan Pengusaha konveksi Bandung atau IPKB mendata tingkat utilisasi Industri Kecil dan Menengah Garmen saat ini hanya 30% meski ada momentum Pemilu. Pemesanan kaos untuk keperluan Alat Peraga Kampanye pada masa kampanye Pemilu 2024 tak sesuai harapan.

Ketua Umum IPKB Nandi Herdiaman mengatakan, 70% utilisasi IKM garmen saat ini tidak digunakan. Nandi menduga hal tersebut disebabkan oleh bergesernya metode kampanye Pemilu 2024 ke dunia maya.

"Orang banyak bikin kaos pada masa kampanye Pemilu 2019. Bisa saja penurunan  pesanan saat ini dari dampak kampanye yang lebih ke media sosial, selain itu daya beli juga belum pulih," kata Nandi kepada Katadata.co.id, Rabu (10/1).

Nandi menyampaikan, Pemilu umumnya menjadi puncak pesanan pembuatan kaos di IKM. Pekerjaan yang dilakukan oleh IKM selama masa kampanye Pemilu umumnya adalah menyablon kaos atau jasa potong, jahit, perapihan.

Nandi mencatat, satu usaha konveksi pada Pemilu 2019 dapat menerima pesanan 4-15 juta kaos. Adaapun saat ini, menurut dia, mayoritas konveksi hanya mendapatkan pesanan sekitar puluhan ribu unit.

Oleh karena itu, Nandi mengatakan mayoritas IKM garmen saat ini terbantu dari pemesanan pasar Lebaran 2024. Nandi optimistis utilisasi IKM garmen dapat naik menjadi 60% pada bulan depan dengan syarat pasar daring dan luring tidak dipenuhi produk impor.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...