Mayoritas Capres Klaim Visi-nya Sejalan dengan Dunia Usaha

Andi M. Arief
10 Januari 2024, 17:56
capres, kadin, pertumbuhan ekonomi, visi misi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Ilustrasi. Sebagian besar tim kampanye menyatakan, semua visi-misi ekonomi mereka telah sejalan dengan peta jalan Kadin menuju Indonesia Emas 2045.
Button AI Summarize

Para calon presiden dijadwalkan menghadiri dialog bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin besok, Kamis (11/1). Sebagian besar tim kampanye menyatakan, semua visi-misi ekonomi mereka telah sejalan dengan peta jalan Kadin menuju Indonesia Emas 2045.

Sekretaris Dewan Pakar Timnas AMIN Wijayanto Samirin mengatakan 70% dari dokumen visi-misi pihaknya membahas strategi perekonomian nasional. Menurutnya, seluruh strategi tersebut telah sejalan dengan peta jalan besutan Kadin menuju Indonesia Emas 2045.

"Tiga strategi yang paling sejalan adalah dunia usaha jadi motor pertumbuhan ekonomi, kemudahan berusaha, dan masalah berkelanjutan," kata Wijayanto dalam konferensi pers, Rabu (10/1).

Wijayanto menjelaskan, pihaknya akan menekankan pentingnya dunia usaha sebagai motor penciptaan lapangan kerja dan peningkatan daya saing nasional. Menurutnya, hal tersebut telah sejalan dengan peta jalan Kadin.

Selain itu, Wijayanto mencatat Anies-Imin berencana untuk menyederhanakan regulasi berusaha di dalam negeri. Ini karena kepastian hukum dinilai menjadi bagian penting yang selama ini mempersulit berusaha di dalam negeri.

Ia juga mengatakan bahwa visi-misi Paslon nomor urut 01 telah memasukkan strategi perekonomian yang berkelanjutan. Salah satu strategi ekonomi berkelanjutan adalah strategi transisi energi ke energi baru terbarukan.

Walau demikian, Wijayanto mencatat, topik utama yang dibawa Anies Baswedan pada dialog besok adalah ketahanan pangan. Menurutnya, industri pertanian menyerap 93% tenaga kerja nasional, namun kontribusinya ke perekonomian nasional hanya 18%.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...