Mayoritas Transaksi Nontunai KRL Masih Gunakan Kartu Multi Trip

Andi M. Arief
11 Januari 2024, 14:18
PPATK, KRL, commuterline
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/YU
Ilustrasi. Transaksi nontunai kereta api lokal saat ini hanya bisa digunakan di dua daerah, yakni Commuter Jabodetabek dan Commuter Yogyakarta.
Button AI Summarize

PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI menemukan, mayoritas transaksi pembayaran nontunai masih menggunakan Kartu Multi Trip besutan perseroan. Transaksi nontunai kereta api lokal saat ini hanya bisa digunakan di dua daerah, yakni Commuter Jabodetabek dan Commuter Yogyakarta.

Direktur Utama KCI Asdo Artrivianto memaparkan, volume transaksi pembayaran nontunai sepanjang 2023 mencapai 297 juta. Adapun transaksi pembayaran nontunai di KCI dapat menggunakan tiga cara, yakni kartu uang elektronik yang diterbitkan bank, KMT, dan Gojek.

Asdo menunjukkan, transaksi nontunai di wilayah Commuter Jabodetabek dan Commuter Yogyakarta didominasi oleh KMT atau hingga 57% di Commuter Jabodetabek dan 52% di Commuter Yogyakarta. Secara agregat, total penggunaan KMT pada 2023 mencapai 57,06% atau lebih dari 170 juta transaksi.

"Kenapa orang lebih suka menggunakan KMT? Karena tidak ada biaya seperti kartu uang elektronik perbankan," kata Asdo dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (11/1).

Total transaksi yang menggunakan kartu elektronik besutan bank mencapai 37,05% atau 110 juta transaksi. Asdo mencatat, ada empat bank yang menerbitkan uang kartu elektronik, yakni PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan PT Bank DKI khusus di Commuter Jabodetabek.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...