4 Kecelakaan Kereta dalam Sehari pada 14 Januari, Apa yang Terjadi?

Agustiyanti
15 Januari 2024, 16:11
kecelakaan kereta api, kereta anjlok, tabrakan kereta, plang kereta
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/wpa.
Petugas menggunakan Kereta luar biasa (KLB) Crane mengevakuasi kereta api KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember yang anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1/2024). KAI Daop 8 Surabaya mengerahkan petugas serta mendatangkan tim penolong untuk mempercepat evakuasi dan menormalisasi jalur KA.
Button AI Summarize

Empat kecelakaan kereta api akibat palang pintu terjadi pada Minggu (14/1). Sebanyak tiga kecelakaan kereta terjadi di perlintasan, sedangkan satu rangkaian kereta anjlok. 

Rangkaian kereta yang anjlok adalah KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember pada pukul 07.57 WIB. Lokasi kereta anjlok berada di Emplasemen Stasiun Tanggulangin. Akibatnya anjloknya kereta, jalur KA sempat tidak dapat digunakan. Namun, KAI telah merampungkan evakuasi pada Senin (15/1) dini hari sehingga jalur kereta saat ini sudah bisa dilewati.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, KA pertama yang melintasi jalur tersebut yakni KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng dengan kecepatan terbatas 20 km/jam pada pukul 03.11 WIB. Meski sudah bisa dilewati, jalur tersebut masih dalam pengawasan dan perbaikan petugas.

Ia menjelaskan, KAI bersama pihak terkait masih menyelidiki dan mengevaluasi penyebabnya. Namun, ia menjelaskan,seluruh pelanggan maupun petugas KA Pandalungan selamat dan tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut.

Selain itu. pihaknya telah memberikan alternatif solusi transportasi untuk mengantar pelanggan sampai ke tujuan masing-masing.

"Para pelanggan terdampak dilakukan proses peralihan transportasi dengan menggunakan bus yang disediakan di Stasiun Bangil maupun Sidoarjo," katanya.

Ia mengatakan, para calon pelanggan yang membatalkan perjalanannya berikut juga tiket persambungan, dapat melakukan pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen di luar bea pesan hingga H+7 keberangkatan.

Selain kecelakaan kereta akibat anjlok, terdapat tiga kecelakaan kereta yang terjadi di perlintasan, yakni:

1. KA Gaya Baru Malam Selatan dan Mobil Toyota Agya di Klaten Jawa Tengah

Tabrakan terjadi antara Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan dengan mobil bernopol L 1485 JF di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu pukul 16.30 WIB. Kecelakaan kejadian di perlintasan tidak dijaga JPL 215 KM 150+3 antara Stasiun Srowot dan Brambanan tersebut.

Berdasarkan laporan kepolisian, KA 105A Gaya Baru Malam Selatan semula berjalan dari arah Solo menuju Jogja di jalur rel hilir, yakni rel sebelah kanan jika dari arah Solo, sedangkan mobil Toyota Agya berjalan dari arah Pereng menuju Simpang Tiga Toserba WS.

Menjelang kejadian, saat menyeberang di perlintasan kereta api tanpa palang pintu tersebut, pengemudi mobil Agya diduga tidak memperhatikan datangnya kereta sehingga akhirnya terjadi benturan antara kereta dengan Agya.

"Korban dievakuasi dan dinyatakan dua orang meninggal dunia. Korban dibawa ke RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten," ujar Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.

2. KA Wijaya Kusuma dan Mobil Toyota Innova di Banyuwangi, Jawa Timur

Tabrakan terjadi antara KA Wijaya Kusuma relasi Banyuwangi-Cilacap dan Mobil Toyota Inova di perlintasan rel tanpa palang pintu Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Salah satu penumpang mobil Toyota Innova tersebut adalah anggota DPRD Banyuwangi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...