Tiga Kecelakaan Kereta di Perlintasan dalam Sehari, Ini Tindakan KAI

Andi M. Arief
15 Januari 2024, 16:38
KAI, kecelakaan kereta, kecelakaan kereta api
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemangku kebijakan untuk menutup ketiga perlintasan sebidang tersebut untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia atau KAI angkat bicara soal kecelakaan kereta api jarak jauh di perlintasan yang terjadi pada kemarin, Minggu (14/1). Ketiga kecelakaan kereta api ini menelan tiga korban jiwa.

Direktur Utama KAI DIdiek Haryanto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemangku kebijakan untuk  menutup ketiga perlintasan sebidang tersebut untuk mencegah kejadian serupa di masa depan. Adapun perlintasan sebidang dikelola oleh pengelola jalan raya yang dipotong oleh jalur kereta api tersebut.

"KAI prihatin dan menyesalkan kejadian tersebut, serta menyampaikan ucapan turut belasungkawa kepada para keluarga korban," kata Didiek dalam keterangan resmi, Senin (15/1).

Didiek mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati saat melalui perlintasan sebidang. Menurutnya, pengguna jalan harus selalu mendahulukan kereta api saat melalui perlintasan sebidang sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Ia juga mengingatkan bahwa  pengguna jalan wajib berhenti saat sinyal berbunyi, palang sudah mulai tertutup, atau isyarat lain saat melalui perlintasan sebidang. Hal tersebut tertuang dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ia pun mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengevaluasi keselamatan perlintasan sebidang di yuridiksinya masing-masing. Menurutnya, perlintasan sebidang yang membahayakan pengguna jalan harus ditutup.

Didiek pada saat yang sama meminta pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintasi perlintasan sebidang. Didiek menegaskan agar pengguna jalan disiplin mematuhi rambu-rambu di perlintasan sebidang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...