Ramai Kecelakaan Kereta di Awal Tahun, Apa Langkah Pemerintah?

Andi M. Arief
18 Januari 2024, 15:34
kecelakaan kereta api, kereta, kecelakaan kereta
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Foto udara kereta api lokal Bandung Raya yang bertabrakan dengan kereta api Turangga di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Hingga saat ini petugas masih mengidentifikasi penyebab kecelakaan tersebut serta masih mendata korban baik yang luka serta meninggal dunia.
Button AI Summarize

Sejumlah kecelakaan kereta terjadi pada awal tahun ini. Empat kecelakaan bahkan terjadi dalam satu hari pada 14 Januari 2024. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mereorganisasi dan mereformasi sumber daya manusia di perkeretaapian. Hal tersebut disampaikan merespons pertanyaan terkait langkah pemerintah dalam evaluasi kecelakaan kereta api di Cicalengka.

Budi menyampaikan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi telah melakukan observasi di lokasi kecelakaan, tetapi belum menerbitkan hasil observasi tersebut. Di sisi lain, Budi menduga kecelakaan tersebut disebabkan oleh dua faktor, yakni kesalahan teknis persinyalan dan pelanggaran Standar Operasional Prosedur atau SOP.

"Apa yang terjadi bukan kehendak kami. Saya mohon maaf dan berbela sungkawa atas kejadian itu. Dalam jangka pendek, kami akan melakukan klarifikasi dan reformasi SDM perkeretaapian," kata Budi di Gedung DPR, Kamis (18/1).

Budi pada saat yang sama berencana melakukan klasifikasi secara profesional terhadap insiden tersebut bersama KNKT dalam waktu dekat. Namun, ia belum mengumumkan jadwal yang lebih detail terkait klasifikasi tersebut.

Ia mengaku berencana untuk memperbaiki sistem persinyalan kereta api yang masih dilakukan manual. Ia mensinyalir, salah satu akar dugaannya adalah sistem persinyalan yang masih dilakukan secara manual.

Budi menilai persinyalan kereta api secara manual di dalam negeri cukup handal bila dilakukan sesuai SOP. Ia menjabarkan persinyalan kereta api secara manual memiliki prosedur yang ketat, seperti jumlah masinis dan prosedur sebuah kereta untuk berjalan. Oleh karena itu, Budi berencana untuk membuat SOP baru terkait perkeretaapian.

Menurutnya, sebuah rangkaian kereta diwajibkan memiliki dua orang masinis agar setiap sinyal dapat diverifikasi. Selain itu, setiap stasiun harus berkoordinasi dengan stasiun lainnya sebelum rangkaian kereta dapat berjalan.

"Sejauh ini kami tentu belum mendapatkan informasi yang jelas terkait kecelakaan tersebut. Namun informasi itu segera kami dapatkan," ujarnya.

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan pemerintah baru berencana untuk meninjau dan mengevaluasi SOP perkeretaapian eksisting. Selain itu, Adita menjelaskan reorganisasi yang dimaksud atasannya adalah peninjauan ulang penempatan SDM di bidang perkeretaapian.

Adita menekankan reorganisasi yang dimaksud bukan berarti pemecatan, tapi evaluasi penempatan tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas layanan perkeretaapian. Selain itu, reorganisasi yang dimaksud adalah menambah atau mengurangi tugas personil tertentu.

"Yang penting bisa meningkatkan kualitas perkeretaapian nasional. Reorganisasi iut bisa juga dikaitkan dengan penempatan orang," ujarnya.

Setidaknya sebanyak lima kecelakaan kereta terjadi dalam dua pekan pertama tahun ini, berikut daftarnya: 

1. Tabrakan KA Turangga dan Kereta Commuterline Bandung Raya di Cicalengka 

Tabrakan kereta api terjadi antara KA Turangga dengan KA Lokal Bandung di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tabrakan antara kedua kereta terjadi pukul 06.03 WIB di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700.  Kecelakaan ini menewaskan empat orang pegawai KAI, sedangkan seluruh penumpang selamat. 

2. KA Pandukungan anjlok di Tanggulangin

Rangkaian kereta yang anjlok adalah KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember anjlok pada Minggu (14/1) pukul 07.57 WIB. Lokasi kereta anjlok berada di Emplasemen Stasiun Tanggulangin. Akibatnya anjloknya kereta, jalur KA sempat tidak dapat digunakan. Namun, KAI telah merampungkan evakuasi pada Senin (15/1) dini hari sehingga jalur kereta saat ini sudah bisa dilewati.

3. KA Gaya Baru Malam Selatan dan Mobil Toyota Agya di Klaten Jawa Tengah

Tabrakan terjadi antara Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan dengan mobil bernopol L 1485 JF di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu pukul 16.30 WIB. Kecelakaan kejadian di perlintasan tidak dijaga JPL 215 KM 150+3 antara Stasiun Srowot dan Brambanan tersebut.

Berdasarkan laporan kepolisian, KA 105A Gaya Baru Malam Selatan semula berjalan dari arah Solo menuju Jogja di jalur rel hilir, yakni rel sebelah kanan jika dari arah Solo, sedangkan mobil Toyota Agya berjalan dari arah Pereng menuju Simpang Tiga Toserba WS.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...