Fakta KA Papandayan, Pangandaran, dan Malabar: Jadwal dan Harga Tiket

Andi M. Arief
25 Januari 2024, 15:22
KAI, KA Papandayan Ekspres, KA Pangandaran, KA Malabar.
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/Spt.
Ilustrasi. Tarif KA Papandayan Ekspres, KA Pangandaran, dan KA Malabar akan didiskon sebesar 20% hingga akhir Januari 2024.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia atau KAI meluncurkan tiga rangkaian kereta api (KA) baru bulan ini, yakni KA Papandayan Ekspres, KA Pangandaran, dan KA Malabar. Tarif ketiga kereta tersebut kini didiskon sebesar 20% hingga akhir Januari 2024.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan tujuan peluncuran rangkaian anyar tersebut untuk memberikan alternatif rute kepada konsumen. Selain itu, masing-masing KA memiliki dua kelas layanan, yakni Kelas Eksekutif dan Kelas Ekonomi.

"Dioperasikannya KA Pangandaran dan Papandayan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya, dan perekonomian di Jawa Barat," kata Didiek dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis (25/1).

KA Pangandaran

Didiek menjelaskan, peluncuran KA Pangandaran memberikan pilihan konsumen yang berangkat dari Jakarta ke Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar. Sebelumnya, perjalanan Jakarta hingga Banjar hanya dapat menggunakan KA Serayu dengan frekuensi perjalan dua kali sehari.

Tiket KA Pangandaran kini dilego senilai Rp 296.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 180.000 untuk kelas ekonomi pada bulan ini. KA Pangandaran dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pada 12.15 WIB.

Perjalanan KA Pangandaran rute Jakarta-Banjar memakan waktu hampir tujuh jam atau hingga pukul 16.25 di Stasiun Banjar. Sementara itu, perjalanan KA Pangandaran rute Banjar-Jakarta berangkat dari Stasiun Banjar pukul 16.55 WIB.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...