Menteri PUPR Pindah ke IKN Juli 2024, Bagaimana Progresnya?

Agustiyanti
20 Februari 2024, 17:40
IKN, IKN Nusantara
ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.
Ilustrasi. Kementerian PUPR menyebut, berupaya memaksimalkan pemanfaatan lahan yang ada dan meminimalisasi adanya penebangan pohon.
Button AI Summarize

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan menjadi menteri pertama yang menghuni IKN Nusantara. Ia dan istri berencana pindah ke IKN mulai Juli 2024. Namun, bagaimana progres pembangunan IKN?

Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) menyebut, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN hingga 8 Februari telah mencapai 78%. Pembangunan rumah jabatan menteri ini merupakan bagian dari pembangunan IKN sehingga diharapkan para menteri bisa tinggal dan bekerja di IKN.

Pemerintah membangun 36 unit rumah menteri yang terbagi menjadi dua kawasan, yakni sebanyak 24 unit di persil 104 dan 12 unit di persil 105. Rumah-rumah tersebut memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan sudah mulai dibangun sejak 7 Desember 2022. 

Saat ini setidaknya sudah ada sekitar 32 unit yang telah selesai dibangun serta dilaksanakan penanaman pohon penghijauan di lokasi persil 104 dan 105 KIPP IKN.

Kementerian PUPR juga berupaya memaksimalkan pemanfaatan lahan yang ada dan meminimalisasi adanya penebangan pohon, sehingga lingkungan tetap hijau. Terdapat dua desain rumah yang dibangun di KIPP IKN, yakni tipe downslope sebanyak 11 unit dan tipe upslope 25 unit.

Pembangunan konstruksi rumah juga dilaksanakan secara paralel dengan lanskap di lapangan dan para pekerja juga menanam pohon penghijauan serta menata pedestrian pejalan kaki di sekitar lokasi pembangunan sehingga lingkungan tetap hijau dan rindang sehingga nyaman untuk dihuni.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...