Capai Target, Penumpang Commuter Jabodetabek Tembus 1 Juta Orang/Hari

Andi M. Arief
26 Februari 2024, 20:40
commuter jabodetabek, krl commuter, commuterline, jumlah penumpang
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/YU
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong kereta rel listrik (KRL) Commuterline Jabodetabek di Stasiun Kebayoran, Jakarta, Sabtu (9/12/2023). PT. KAI Commuter (KCI) memprediksi jumlah penumpang KRL Jabodetabek akan berkurang hingga 50 persen dari kondisi normal ketika periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 karena berkurangnya mobilitas para pekerja dari luar Jakarta menuju Jakarta.
Button AI Summarize

PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI menyatakan rata-rata penumpang harian di Jabodetabek telah menembus 900.000 orang bulan ini. Angka tersebut diperkirakan berlanjut pada beberapa hari sebelum Lebaran 2024.

Corporate Secretary KCI Anne Purba mencatat total penumpang Kereta Commuter Jabodetabek menembus 1 juta orang pada 13 Februari 2024. Menurutnya, mayoritas jumlah penumpang ada di rentang 950.000-980.000 orang per hari pada hari kerja sepanjang bulan ini.

"Jadi, jumlah penumpang harian KCI sudah ada di rentang target. Kalau pada hari kerja sudah tidak pernah lagi di bawah 900.000 orang per hari," kata Anne di Kantor Kementerian Perhubungan, Senin (26/2).

Anne memproyeksikan jumlah penumpang harian sebanyak 1 juta orang akan terulang lagi sekitar sepekan sebelum Lebaran 2024. Dengan kata lain, kepadatan Commuter Jabodetabek pada minggu pertama April 2024 akan memuncak.

Menurutnya, hal tersebut secara historis disebabkan masyarakat yang mulai berbelanja ke pusat-pusat perbelanjaan untuk persiapan mudik dan Lebaran.

Sementara itu, Anne memprediksi jumlah penumpang harian Commuter Jabodetabek pada Maret akan berubah imbas penyesuaian jam kerja saat Ramadan. Anne berencana untuk menyesuaikan rekayasa operasi Commuter Jabodetabek dengan perubahan jam kerja tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...