Apa Itu Minyak Makan Merah yang Pabriknya Baru Diresmikan Jokowi?

Agustiyanti
14 Maret 2024, 16:43
minyak makna merah, pabrik
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/nym.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah pagar merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis (14/3). Pabrik ini mampu mengolah CPO sebanyak 10 ton per hari yang dapat menghasilkan minyak makan merah hingga 7 ton.

"Ini bukan jumlah yang sedikit, jumlah yang banyak. Ini harus ada yang beli dan kita harapkan bakal memberikan nilai tambah yang baik," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian, disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (14/3).

Apa sebenarnya produk minyak makan merah?

Jokowi mengatakan produk minyak makan merah merupakan hasil produk hilirisasi pengolahan buah kelapa sawit. Ia mengatakan penggunaan minyak makan merah akan menjadi tren di masa depan. Ini karena kandungan nutrisi dan harga yang relatif lebih murah. "Vitamin A, Vitamin E, nutrisi lain ada di situ," kata Jokowi. 

Minyak makan merah atau refined palm oil merupakan produk turunan dari minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) yang setelah proses penyulingan tidak melanjutkan proses-proses selanjutnya.  Selama proses produksi, minyak makan merah tidak melalui proses penyulingan atau bleaching seperti minyak goreng sawit biasa.

Minyak ini memiliki warna terang mencolok dan aroma yang kuat yang berasal dari kelapa sawit yang memang berwarna merah tua. Sebab

Menurut Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), minyak makan merah masih mempertahankan kandungan senyawa fitonutrien. Kandungan tersebut, meliputi karoten sebagai sumber vitamin A, tokoferol dan tokotrienol sebagai vitamin E, dan squalene.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...