Unilever Global Berencana PHK 7.500 Karyawan

Agustiyanti
20 Maret 2024, 08:53
unilever, PHK karyawan
123rf/Balazs Sebok
Ilustrasi. Unilever berencana memisahkan unit bisnis es krimnya.
Button AI Summarize

Unilever mengumumkan rencana untuk memisahkan unit bisnis es krimnya, rumah bagi merek-merek terkenal seperti Magnum dan Ben & Jerry's pada Selasa (19/3). Perusahaan juga berencana melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 7.500 karyawan sebagai bagian dari program penghematan biaya baru.

Investor menyambut baik rencana tersebut.  Saham salah satu perusahaan barang konsumen terbesar di dunia, sempat naik hampir 6% dan ditutup naik 3,08% pada Selasa (19/3). 

Mengutip Reuters,  Unilever menyatakan, pemisahan unit bisnis atau spin-off ini akan segera dimulai dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2025. "Bisnis es krim ini dalam proses pindah ke kantor pusat terpisah di Amsterdam," kata  CEO Unilever Hein Schumacher. 

Unilever mengatakan pihaknya bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan penjualan inti satu digit dan sedikit peningkatan margin setelah pemisahan. Bisnis es krim menyumbang sekitar 16% dari penjualan global Unilever. Di beberapa negara, bisnis esk krim  menyumbang sepertiga atau 40%.

Grup yang memiliki produk dengan merek Dove ini, juga meluncurkan program untuk menghemat biaya sekitar 800 juta euro aau sekitar Rp 13 triliun selama tiga tahun ke depan. Perubahan yang diusulkan akan berdampak pada sekitar 7.500 pekerjaan secara global, sebagian besar berbasis kantor. 

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...