Luhut: Pabrik Tekstil Cina Produsen Nike hingga Uniqlo Bakal Masuk RI

Agustiyanti
20 Maret 2024, 11:56
luhut, cina, investasi
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan  menyebut Indonesia masih menjadi pilihan investasi Cina.
Button AI Summarize

Perusahaan tekstil asal Cina berencana membangun pabrik di Indonesia. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, perusahaan tersebut merupakan pemasok untuk merek-merek besar seperti Nike, Adidas, Puma, hingga Uniqlo.

"Mereka ini ibarat Foxconn untuk Apple, perusahaan ini adalah “Foxconn” nya untuk Nike, Adidas, Puma hingga Uniqlo," ujar Luhut dikutip dari akun resmi Instagramnya.

Luhut menjelaskan, komitmen investasi tersebut diperoleh dari kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto dan tim ke Ningbo Cina. Menurut Luhut, Seto cukup takjub saat mengunjungi perusahaan tekstil yang terintegrasi secara vertikal tersebut. Salah satunya soal perlakuan perusahaan kepada karyawan. 

"Hampir seluruh karyawan beserta keluarga mereka menempati asrama yang disediakan oleh perusahaan. Mereka juga mendapatkan jatah makan gratis 3 kali sehari," ujar Luhut.

Luhut mengatakan, Chairman perusahaan tekstil tersebut menilai karyawan adalah prioritas pertama. "Jika karyawan senang, maka mereka akan berkontribusi besar kepada perusahaan," kata Luhut.

Luhut menekankan rencana investasi ini menunjukkan, Indonesia masih menjadi pilihan bagi Cina meski ekonomi negara tersebut tengah berada dalam kondisi yang tak cukup baik. Selain Garmen, perusahaan yang memproduksi panel surya atau kaca fotovoltaik juga ingin menanamkan investasi mencapai senilai 3,5-4 miliar dolar AS atau sekitar Rp55-Rp62,9 triliun. 

“Akan masuk photovoltaic glass di Kalimantan Utara, itu investasinya 3,5-4 miliar dolar AS,” ujar Luhut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...