Peternak soal Harga Telur Ayam Naik: Kami Baru Untung Bulan Ini

Andi M. Arief
21 Maret 2024, 17:11
harga telur, harga telur naik, harga pangan naik, peternak
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/nym.
Pekerja memikul telur ayam dalam kemasan di Pasar Induk Rau Kota Serang, Banten, Selasa (28/11/2023). Menurut pedagang sejak tiga hari lalu harga telur ayam meningkat dari Rp24 ribu menjadi Rp29 ribu per kilogram akibat berkurangnya pasokan.
Button AI Summarize

Harga telur ayam telah naik mencapai lebih dari Rp 4.000 per kg sepanjang tahun ini. Presiden Peternak Layer Indonesia Ki Musbar Mesdi mengatakan para peternak ayam petelur baru mencetak keuntungan pada bulan ini. 

Musbar mengakui harga jagung di tingkat peternak telah turun. Namun, ia mengatakan, biaya produksi telur ayam masih meningkat sampai saat ini. Pada saat yang sama, Musbar mengatakan peningkatan harga telur ayam di pasar telah diteruskan ke peternakan.

Badan Pangan Nasional mendata harga jagung di tingkat peternak susut Rp 570 per kg selama 21 hari terakhir menjadi Rp 8.090 per kg hari ini, Kamis (21/3).

"Peternak baru merasakan untung salam tiga minggu terakhir. Sudah berbulan-bulan peternak ayam petelur merugi dan banyak yang mengafkirkan ayam produksinya," kata Musbar kepada Katadata.co.id, Kamis (21/3).

Musbar menjelaskan pertumbuhan telur ayam di pasar merupakan bentuk pencarian titik keseimbangan baru. Ini karena permintaan telur ayam akan meningkat menjelang Lebaran 2024 selain peningkatan biaya produksi.

Musbar mencatat, harga telur ayam di tingkat peternak saat ini susut hingga Rp 1.250 per kg karena pelemahan permintaan. Namun Musbar memproyeksikan angkat tersebut akan naik mulai sepekan sebelum Lebaran 2024.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...