KA Majapahit Gunakan Kereta Generasi Baru Mulai Hari Ini, Lebih Nyaman

Agustiyanti
25 Maret 2024, 11:18
Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, ka majapahit
ANTARA/HO-Humas PT KAI
Jejeran kursi dalam Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia atau KAI mengoperasikan kereta ekonomi Stainless Steel New Generation mula Senin (25/3). Generasi baru kereta ekonomi ini digunakan untuk Kereta Api atau KA Majapahit relasi Pasarsenen-Malang pulang pergi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, operasional KA Majapahit relasi Malang-Pasarsenen dengan kereta baru akan dimulai pada 25 Maret sedangkan untuk relasi Pasarsenen-Malang pada Selasa (26/3).

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga relevan dengan perkembangan zaman,” kata Joni, seperti dikutip dari siaran pers. 

Joni mengatakan kereta ekonomi tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 sampai dengan 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Ia menekankan, KAI konsisten beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan. KAI secara bertahap mengganti kereta ekonomi sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk menjadi 80 tempat duduk. Kursi penumpang yang sebelumnya memiliki formasi  3-2 dan saling berhadapan diganti dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan.

Adapun pada inovasi terbarunya, yakni Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi. Dengan demikian, ruang untuk kaki atau leg room penumpang menjadi lebih luas.

Menurut Joni, jenis kursi juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar, serta bisa diatur kemiringannya (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...