Kepolisian: Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Berpotensi Macet Total

Andi M. Arief
28 Maret 2024, 19:00
lebaran 2024, mudik lebaran, mudik, macet
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Kendaraan terjebak kemacetan di Simpang Susun Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/12/2023).
Button AI Summarize

Kepolisian RI memproyeksikan rasio volume per kapasitas atau volume to capacity ratio (VCR) jalan tol selama mudik dan arus balik Lebaran 2024 sebesar 0,68. Indeks ini menunjukkan tingkat kepadatan kendaraan dalam sebidang jalan.

Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Eddy Junaedi mengatakan proyeksi tersebut sangat optimistis lantaran tidak memperhitungkan kecelakaan dan hambatan samping. Hitungannya ia dapat setelah melakukan rekayasa lalu lintas satu arah dan kebijakan ganjil-genap.

Eddy menyebut jika tanpa rekayasa lalu lintas, angka VCR dapat tembus 1,0 atau sama sekali tidak bergerak. "Kecepatan rata-rata bisa di bawah 30 kilometer per jam, ini yang kami akan antisipasi," kata Eddy di Menara Astra, Jakarta, Kamis (28/3).

Secara rinci, VCR paling tinggi terjadi pada Kilometer 87 sampai Kilometer 188 di Tol Cisumdawu-Palimanan. Eddy menghitung VCR ruas tersebut saat mudik dapat mencapai 1,93 tanpa  rekayasa lalu lintas maupun pengaturan angkutan barang.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menargetkan angka VCR jalan tol selama Mudik dan Arus Balik 2024 di kisaran 0,6. Angka 0,8 sudah menunjukkan kondisi padat merayap.

Karena itu, pemerintah akan mulai mengimplementasikan rekayasa lalu lintas saat VCR jalan tol mencapai 0,8. "Kalau jalanan mau lega, angka VCR ada di 0,4 dengan laju kendaraan 70 kilometer sampai 80 kilometer per jam," kata Adita pada Senin lalu.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...