Sambut Mudik Lebaran, Waskita Beri Diskon 35% Tarif Tol Krian-Manyar

Andi M. Arief
2 April 2024, 21:09
diskon, tarif tol, jalan tol, mudik lebaran, waskita
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat memasuki di Gerbang Tol (GT) Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (29/3/2024).
Button AI Summarize

PT Waskita Toll Road atau WTR menyatakan pemberian diskon tarif khusus kendaraan niaga di Tol Krian-Manyar bertujuan untuk melancarkan kegiatan Lebaran di Jawa Timur. Secara rinci, Tol Krian-Manyar menghubungkan dua kabupaten di Jawa Timur, yakni Sidoarjo dan Gresik.

Presiden Direktur WTR Daniel Fitzgerald Liman menemukan warga sekitar dua kabupaten tersebut menggelar acara di jalan nasional setiap menyambut Idul Fitri. Oleh karena itu, Daniel menilai pemberian diskon di Tol Krian-Manyar akan mengosongkan jalan nasional dari kendaraan niaga.

"Ini untuk membantu kearifan lokal. Kalau ruas tol lain bertujuan untuk menyerap mobil pribadi, kami tujuannya agar truk masuk ke jalan tol," kata Daniel di Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

Untuk diketahui, besaran diskon pada Tol Krian-Manyar lebih besar dari ruas tol lainnya atau mencapai 35%. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengumumkan 13 dari 14 ruas tol menetapkan diskon sebesar 20% khusus untuk kendaraan pribadi.

Secara rinci, Daniel menyampaikan Tol Krian-Manyar memberikan diskon 14% pada kendaran golongan II dan III dan sebesar 35% bagi kendaraan golongan IV dan V. Berbeda dengan diskon tol lainnya, diskon di Tol Krian-Manyar berlangsung 17 hari mulai besok, Rabu (3/4), hingga 19 April 2024.

Daniel mengatakan besaran tol tersebut telah mempertimbangkan kemampuan finansial pengemudi truk. "Kalau pengemudi mobil truk uang sakunya terbatas. Jadi, kalau diskonnya tidak sampai 35%, truk tidak akan masuk," ujarnya.

Daniel mengingatkan diskon untuk kendaraan pribadi diterapkan hanya hingga Tol Semarang-Batang. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh volume lalu lintas harian setelah Tol Semarang-Batang yang hanya sekitar 30.000 kendaraan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...